500 Pedagang Pasar Sentra Antasari Jadi Target Vaksinasi

Updated: Apr 13, 2021

terasbanua.com, Banjarmasin - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin memberikan vaksin kepada para pedagang di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Selasa (23/3/2021) siang.

Suasana vaksinasi di Pasar Sentral Antasari yang disambut antusias para warga pasar. Foto : Hamdiah
Suasana vaksinasi di Pasar Sentral Antasari yang disambut antusias para warga pasar. Foto : Hamdiah

Bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) Kota Banjarmasin. Sebanyak 500 pedagang Pasar Sentral Antasari menjadi target vaksinasi.


"Hari ini vaksinasi kepada para pedagang karena keterbatasan jumlah vaksin.  Sementara termin pertama di tahap kedua ini kita hanya mampu memberikan 500 dulu kepada pedagang Pasar Sentra Antasari," ucap Machli Riyadi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.


Untuk menghindari terjadinya kerumunan massa dalam pelaksanaan vaksinasi. Pemberian vaksinasi dibagi 4 titik di Pasar Sentral Antasari.


"Kita bagi 4 titik karena memang untuk menghindari kerumunan. Kalau dijadikan satu titik ditakutkan terjadi kerumunan dan menjadi klaster baru nanti," terangnya.


Kepala Bidang Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, menuturkan bahwa target vaksinasi jauh dari jumlah pedagang di Pasar Sentra Antasari. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan vaksin yang disediakan untuk pedagang.


"Dari 3 ribu pedagang Pasar Sentra Antasari hanya bisa diberikan pada 500 pedagang saja karena tersedia hanya 500," ujarnya.


Prioritas yang diberikan pada vaksinasi di Pasar Sentra Antasari sendiri pada para pramuniaga yang sering berinteraksi dengan pengunjung pasar.


Sementara itu, Plh Wali Kota Banjarmasin, Mukhyar yang juga memantau kegiatan vaksinasi di Pasar Sentra Antasari menuturkan bawah program vaksinasi kepada pelayan publik di pusat perbelanjaan merupakan yang terakhir.


"Jadi ini kan tindak lanjut vaksinasi yang terakhir ini dilakukan di pusat perbelanjaan Pasar Sentra Antasari. Target kami 500 dan hari ini 250 dulu dan besok 250," paparnya.


Mukhyar berharap dengan gencarnya pemberian vaksinasi di tengah masyarakat terutama pada para pelayan publik ini bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di Banjarmasin dan ini sebagai langkah dalam pemulihan ekonomi di Banjarmasin.


"Kami berharap dengan dilakukannya vaksinasi ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Banjarmasin terutama pusat perbelanjaan karena dengan diberikan vaksin pada pedagang bisa memutus mata rantai Covid-19 tentu pedagang dan pengunjung bisa aman dan akan lebih pemulihan gerakan ekonomi di Banjarmasin" akhirnya.


(Hamdiah)

14 views0 comments