PPKM Berlanjut, Penerapan Tidak Terlalu Kaku

Updated: Apr 13, 2021

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro hingga 5 April mendatang.

Aparat kepolisian membubarkan kerumunan di suatu tempat. Foto : Hamdiah

Kebijakan tersebut diambil setelah mendapat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendgari) Nomor 6 Tahun 2021 yang memerintahkan perpanjangan PPKM dari tanggal 23 Maret sampai 5 April.


"PPKM kemarin kita dari tanggal 9 sampai tanggal 31 Maret. Ada edaran baru dari Mendagri dari tanggal 23 sampai 5 April. Jadi kita menyesuaikan dengan waktu saja sampai 5 April. Sebelumnya perpanjangan PPKM sudah kita mendahului jadi kita revisi lagi,"ucap Plh Wali Kota Banjarmasin, Mukhyar kepada awak media di sela-sela kegiatan vaksinasi di Pasar Sentra Antasari, Senin (23/3/2021).


Sebagaimana yang telah ditentukan dalam Instruksi Mendagri, kegiatan masyarakat akan tetap dibatasi dan PPKM terus berjalan.


"Ketentuan yang sudah ditetapkan di Mendagri seperti kegiatan kerja yang dilakukan secara Work From Home (WFH) 50 persen," ujarnya.


Selain itu, aktivitas di pasar dan mall tetap dibatasi seperti PPKM sebelumnya yang hanya diperbolehkan buka hingga jam 9 malam saja.


"Pengunjung pasar itu kegiatannya sampai 9 malam dan mall sampai 9 malam kita lihat situasinya di lapangan," tutur Mukhyar.


Diakui Mukhyar kebijakan PPKM tidak bisa diterapkan secara kaku di masyarakat. Mengingat PPKM cukup berdampak pada pergerakan ekonomi di Banjarmasin.


"Kita juga tidak ingin kaku dalam penerapan itu yang akan berdampak pada perekonomian kita. Tapi yang pasti kita tetap menekankan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 karena ini untuk kenyamanan kita semua," akhirnya.


(Hamdiah)

0 views0 comments