Puluhan Narapidana Lapas Kotabaru Menerima Program Asimilasi di Rumah

Updated: Apr 13, 2021

terasbanua.com, Kotabaru - Sejumlah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabaru resmi menerima program asimilasi di rumah.

Narapidana mendapat program asimilasi di rumah. Foto : Her

Dalam rangka penanggulangan virus Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru, 25 orang narapidana menerima program asimilasi di rumah, Rabu (17/03/21).


Hal itu berkenaan dengan syarat dan tata cara pemberian asimilasi, PB, CMB dan CB dalam rangka penanggulangan virus Covid-19.


Kepala Lapas Kotabaru, Hidayat, mengatakan pemberian asimiliasi di rumah kepada puluhanan napi tersebut mengacu Peraturan Menkumham No 32 Tahun 2020.


"Jadi, total napi yang diberi asimilasi di rumah sebanyak 25 orang. Terdiri dari 24 laki-laki, dan 1 orang perempuan," ujar Hidayat kepada wartawan.


Dijelaskannya, para napi yang mendapat program asimilasi tersebut akan diawasi dan diberikan bimbingan oleh Bapas Batulicin.


"Pembinaan dan pengawasan serta bimbingan akan dilakukan oleh Bapas Batulicin terhadap napi yang diasimilasi," ujar Hidayat


Lanjutnya, meski telah dikurangi puluhan napi yang menerima asimilasi hari ini, kondisi lapas Kotabaru masih dinilai over kapasitas.


"Sejauh ini total penghuni lapas masih berjumlah 982 orang, dan sementara kapasitas standarnya hanya diisi sebanyak 287 orang," pungkasnya.


(Her)

6 views0 comments