Yustisi Rapid Test Antigen di THM, Hasilnya 5 Orang Ditemukan Positif

Updated: Apr 13, 2021

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota Banjarmasin bersama TNI dan Kepolisan Resort Kota Banjarmasin gelar operasi yustisi yang menyasar pada pengunjung maupun pekerja tempat hiburan malam (THM) dan cafe di 5 Kecamatan di Kota Banjarmasin, Sabtu (20/3/2021) malam.

Tiga pilar Rapid Test Antigen ke THM di 5 kecamatan Kota Banjarmasin. Foto: Krisna.

Patroli tersebut merupakan tindak lanjut  Pemko Banjarmasin setelah mendapatkan bantuan sejumlah alat rapid test antigen dari Pj Gubernur Kalimantan Selatan.


Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengatakan kegiatan ini menyasar ke THM karena merupakan salah satu tempat yang mengumpulkan orang banyak, maka dari itu diperiksa sejak awal supaya tidak ada penularan ke pengunjung maupun pegawai.


"THM sebagai tempat berkumpulnya orang menjadi sasaran kami karena berbahaya jika ada orang tanpa gejala bagi pengunjung atau pegawai, makanya kami periksa dengan rapid test antigen," ucap Kapolresta Banjarmasin.


"Jangan sampai pulang kerumah malah menularkan Covid kepada keluarganya, melalui cara ini diharapkan dapat menekan angka penularan kasus Covid-19," tambahnya.


Perwira menengah tersebut juga mengatakan Polresta Banjarmasin selalu siap membantu pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19.


"Dengan program Polri PRESISI (prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan) kita respon pemerintah dengan upaya menekan angka penularan Covid-19," tutur Kombes Pol Rachmat Hendrawan.


"Selanjutnya akan kami upayakan habis dengan kegiatan malam minggu dan senin serta ke pasar pasar yang menjadi tempat keramaian," lanjutnya.


Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin Machli Riyadi mengungkapkan bahwa orang yang ditemukan positif dalam kegiatan malam ini akan diberikan edukasi dan diminta melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan secara ketat.


"Mereka akan diawasi secara ketat oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas, satgas kelurahan, serta puskesmas sesuai wilayah kerja," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.


Jubir Satgas covid 19 Kota Banjarmasin mengungkapkan bahwa sekarang ini di Banjarmasin banyak ditemukan orang-orang tanpa gejala, sehingga dengan mendeteksi dari awal seperti ini akan menekan angka penularannya.


"Kita targetkan 125 sampel. Giat ini tidak hanya dilakukan malam ini, namun berkelanjutan. Sebagai upaya mengendalikan Covid-19 di Banjarmasin," ungkapnya.


Diketahui dari hasil operasi tersebut, petugas berhasil mengumpulkan jumlah sampel sebanyak 137 sampel di 5 Kecamatan. Dengan hasil yaitu terdeteksi 5 orang positif dan 132 lainnya dinyatakan negatif.


Adapun rinciannya, untuk wilayah Banjarmasin Selatan sebanyak 25 Sampel dan 1 orang positif, Banjarmasin Utara sebanyak 25 sampel dan 4 orang positif, Banjarmasin Timur dari  22 Sampel semuanya negatif, Banjarmasin Tengah sebanyak 38 Sampel semuanya juga negatif, dan terakhir Banjarmasin Barat terkumpul sebanyak 25 sampel dan semuanya juga negatif.


(Krisna)

63 views0 comments