Zakat Jelang PSU Bisa Disebut Kampanye? Bawaslu Kalsel : Kita Kaji Dulu

Updated: Apr 12, 2021

terasbanua.com, Banjarmasin - Menjelang pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan pada 9 Juni mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel menegaskan tidak ada lagi tahapan kampanye yang dilakukan pasangan calon (paslon).

foto : Ilustrasi
foto : Ilustrasi

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Erna Kasypiah kepada terasbanua.com usai mengikuti rapat koordinasi terkait persiapan pelaksanana PSU pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam Pilgub Kalsel, Senin (29/3/2021).


"Intinya tidak berkampanye karena kampanye tidak ada pada tahapan PSU ini berdasarkan Pasal 71 (PKPU 18/2020) dalam PSU pascaputusan MK," ungkapnya.


Apabila ada salah satu paslon yang memberikan zakat atau lainnya dengan dalih untuk berbuat amal ibadah di bulan suci Ramadan. Apakah bisa disebut indikasi kampanye?


Erna menjawab bahwa selagi tindakan paslon tidak ada niat yang terselubung hingga ada indikasi kampanye dan menyalahi aturan maka tidak ada larangan.


"Jadi apakah berbagi zakat itu bagian dari kampanye nanti ada definisi kampanye. Karena kampanye itu paslon mengajak orang lain untuk memilih yang bersangkutan dengan menyampaikan misi visi dan program kerjannya" ucap Erna.


"Selama tidak memenuhi unsur kampanye maka tidak ada larangan untuk itu," tambahnya.


Menurutnya perlu kajian dan telaah terlebih dahulu apakah tindakan paslon menjelang PSU tersebut masuk dalam unsur kampanye atau tidak.


"Ada indikasi kampanye atau tidak. Itu perlu dikaji lagi dan perlu ditelaan. Apakah ini masuk unsur kampanye atau tidak. Apakah terpenuhi atau tidak dalam definisi kampanye tersebut," tuturnya.


Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat Kalsel baik dari pendukung Paslon agar bisa menghormati proses PSU dan terhindar dari hal-hal yang menganggu kelancaran pelaksanaan PSU nanti.


"Kami menghimbau semua masyarakat dan paslon serta tim sukses atau siapapun itu untuk menjaga proses menuju PSU ini supaya bisa berjalan aman dan lebih kondusif," akhirnya.


Hamdiah

15 views0 comments